Kesempurnaan Pelayanan Sebagai Kunci KeSUKSESan


 

Pelayanan yang baik dapat meningkatkan hingga 25% penjualan menurut Erika Trujillo seorang ahli ekonomi di Amerika. Saya dalam menulis artikel ini memposisikan diri sebagai seorang pembeli. Pembeli selalu menginginkan produk yang terbaik dengan harga termurah. Hal itu sebenarnya musahil, produk terbaik biasanya diiringi harga tertinggi. Namun pembeli sering tidak mengerti karena ketidaktahuan akan harga pasar dan cara membedakan kualitas produk sehingga merasa harga yang diberikan penjual seperti berlebihan.

Pelayanan menjadi cara dalam memberikan edukasi kepada pembeli agar bersedia merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkan produk berkualitas yang dijual. Tentunya itu hal yang tidak mudah bagi penjual. Perlu kesabaran yang luar biasa agar pembeli tidak hanya membeli sekali tetapi kontinu atau terus menerus.

Selain kesabaran perlu juga cara penyampaian yang baik dalam menawarkan ikan cupang. Kesalahan dalam merespon pertanyaan pembeli –yang tentunya sangat banyak- dapat mengakibatkan pembeli berpindah ke penjual lain.

Hal yang juga dilupakan adalah ketepatan janji dan packing yang baik. Janji itu antara lain janji waktu pengiriman, produk yang dikirim harus sesuai dengan kesepakatan dan juga janji purna jual yang biasanya meliputi penggantian ikan jika tiba di tujuan dalam kondisi yang tidak sesuai dengan kesepakatan. Selain itu packing yang baik dan menarik juga menjadi poin tambah. Tidak ada salahnya memberikan beberapa bonus berupa stiker ataupun daun ketapang kering sebagai bentuk pelayanan sehingga pembeli tetap ingat dengan nama penjual.

Comments