PERUBAHAN LEMPENGAN BUMI YANG MEMENGARUHI FLORA DAN FAUNA DUNIA

 






1. PERGESERAN BENUA
Pergeseran benua adalah teori awal para ahli geologi tentang perpindahan benua dari waktu ke waktu. "benua super" Gondwana akhirnya menjadi benua yang kita kenal sekarang.

2. PLAT GEOLOGI 600 JTL
600 juta tahun yang lalu, sebuah superbenua yang dikenal sebagai Rodina terbelah, dan lautan luas memenuhi cekungan tersebut. Tabrakan lempeng tektonik menciptakan pegunungan, dan pergeseran iklim global memungkinkan gletser menyebar hingga ke Khatulistiwa. Benua super baru bernama Pannotia terbentuk di wilayah kutub selatan.

3. PLAT GEOLOGI 500 JTL
500 juta tahun yang lalu benua super Pannotia bergeser ke utara dan terbagi menjadi tiga, membentuk Laurentia (sekarang Amerika Utara), Baltica (sekarang Eropa utara), dan Siberia. Di perairan dangkal.

4. PLAT GEOLOGI 300 JTL
300 juta tahun yang lalu, daratan Laurentia bertabrakan dengan Baltica. Pegunungan Appalachian di Amerika Utara bagian timur naik di sepanjang tepi benua super, Pangea, dan pergeseran iklim mendorong Bumi ke zaman es.

5. PLAT GEOLOGI 200 JTL
200 juta tahun yang lalu, dinosaurus menjelajahi superbenua Pangea, dikelilingi oleh Samudera Panthalassic, nenek moyang samudera Samudera Pasifik.

6. PLAT GEOLOGI 100 JTL
100 juta tahun yang lalu, Pangaea pecah. Samudra Atlantik mengalir di antara Afrika dan Amerika. India memisahkan diri dari benua Afrika, dan Antartika serta Australia

7. PLAT GEOLOGI 50 JTL
Pada 50 juta tahun yang lalu, dinosaurus punah dari Bumi. Pecahan benua bertabrakan, mendorong pegunungan yang masih ada sampai sekarang. Tabrakan Afrika dengan Eropa memunculkan pegunungan Alpen di Eropa, dan tabrakan India dengan Asia membentuk Himalaya. Burung dan mamalia mulai berkembang dalam keragaman

8. PLAT GEOLOGI SAAT INI
mencairnya lapisan es membentuk Great Lakes di Amerika Serikat dan Kanada hanya 20.000 tahun yang lalu. Sejak itu, suhu yang lebih hangat telah mencairkan es, dan permukaan laut naik.

Comments